April 3, 2020 APA ITU PROBIOTIK?

APA ITU PROBIOTIK?

Sebelum Anda memasukkan sejumput kimchi ke dalam mulut, Anda perlu mengetahui bakteri probiotik yang akan dimasukkan ke dalam tubuh beserta manfaat probiotik bagi kesehatan Anda.
Umumnya, salah satu manfaat probiotik adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan, tetapi tahukah Anda bahwa probiotik tidak hanya berupa bakteri, tetapi juga bisa berupa mikroorganisme lainnya?
Probiotik adalah istilah yang merujuk pada mikroorganisme hidup yang saat dikonsumsi akan memberikan berbagai macam manfaat yang baik bagi pencernaan. Oleh karenanya, probiotik tidak hanya bakteri saja, tetapi juga bisa berupa jamur.
Jamur dan bakteri probiotik dapat dikonsumsi melalui makanan dan minuman fermentasi, tetapi tidak semua makanan dan minuman fermentasi mengandung jamur dan bakteri probiotik.
Adapun sumber probiotik, antara lain yogurt, acar, kimchi, kombucha, tempe, miso, dan beberapa produk makanan lain. Berbagai macam produk susu fermentasi juga dianggap sebagai produk probiotik.
Sayangnya, beberapa yogurt tidak memasukkan jamur dan bakteri probiotik, karenanya Anda perlu membaca label yogurt untuk memastikan apakah terdapat jamur atau bakteri probiotik dalam yogurt yang akan dibeli.
Beberapa makanan dan minuman fermentasi melalui proses yang dapat mematikan jamur dan bakteri probiotik, seperti proses pasteurisasi, panggang, dan sebagainya. Contoh makanan dan minuman fermentasi yang melalui proses yang mematikan probiotik adalah cokelat, bir, wine, kecap asin, dan sebagainya. Selain itu, bawang putih juga dapat membunuh bakteri baik di perut karena memiliki sifat antibiotik yang kuat.

Terdapat tiga macam probiotik yang biasanya sering digunakan, yaitu bakteri probiotik bifidobacterium dan lactobacillus, serta jamur probiotik Saccharomyces boulardii. Probiotik membutuhkan prebiotik, yaitu makanan yang berfungsi sebagai asupan bakteri baik dalam tubuh (biasanya makanan berserat tinggi). Oleh sebab itu, prebiotik dan probiotik erat hubungannya.
Apa saja manfaat probiotik untuk tubuh?
Fungsi probiotik yang paling umum adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan, tetapi sebenarnya probiotik memiliki manfaat lain yang luar biasa. Berikut adalah beberapa manfaat probiotik bagi tubuh, yaitu:
• Menyeimbangkan ekosistem dalam pencernaan
Bakteri dan jamur probiotik merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh tubuh karena salah satu manfaat probiotik adalah untuk menyeimbangkan ekosistem bakteri dalam pencernaan.
Ketidakseimbangan mikroorganisme dalam pencernaan berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan sebagainya.
Manfaat probiotik adalah untuk menjaga keseimbangan dan memastikan mikroorganisme baik dalam tubuh tetap bekerja dengan baik. Ini juga dapat berpengaruh baik pada sistem imun Anda.
• Mendukung penurunan berat badan
Kabar baik bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan, karena salah satu manfaat probiotik adalah membantu perjalanan Anda dalam mencapai berat badan ideal Anda.
Manfaat probiotik dalam menurunkan berat badan dibuktikan melalui riset yang menemukan bahwa bakteri probiotik Lactobacillus gasseri dapat menurunkan lemak di perut dalam kurun waktu 12 minggu.
Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut mengenai fungsi probiotik terhadap penurunan berat badan.
• Menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat probiotik yang paling terkenal tentunya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Probiotik dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan menyeimbangkan kembali ekosistem bakteri dalam pencernaan.
Dalam menjaga kesehatan pencernaan, manfaat probiotik adalah juga untuk meringankan gejala dari sindrom iritasi usus besar, melawan infeksi bakteri H.pylori yang dapat memicu kanker lambung, dan mengatasi penyakit radang usus.
• Mencegah dan membantu mengatasi infeksi saluran pernapasan
Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat probiotik adalah untuk mencegah dan mengobati infeksi saluran pernapasan, seperti pilek dan sebagainya.
Konsumsi bakteri probiotik lactobacillus dan bifidobacterium mampu mempersingkat durasi sakit yang dialami dan mengurangi tingkat absen karena sakit.
• Menjaga kesehatan kulit
Manfaat probiotik tidak hanya terbatas pada pencernaan, tetapi juga untuk menjaga kesehatan kulit. Jamur atau bakteri probiotik diketahui mampu mengatasi jerawat, membantu pemulihan luka, dan melindungi kulit dari sinar matahari.
• Menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah
Probiotik ditemukan mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu manfaat probiotik adalah untuk menurunkan tekanan darah.
• Meringankan depresi dan kecemasan

Siapa sangka bahwa kesehatan mental juga bisa dijaga dengan mengonsumsi jamur atau bakteri probiotik melalui kontribusinya terhadap perkembangan otak untuk meringankan gejala depresi dan kecemasan.
Probiotik adalah bakteri dan mikroorganisme yang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh ketika dikonsumsi dalam jumlah besar. Biasanya, probiotik dapat ditemui pada sejumlah makanan dan suplemen atau dikonsumsi secara alami melalui makanan fermentasi seperti yogurt, kefir, sauerkraut, kimchi dan kombucha. Probiotik berasal dari kata “pro” berarti untuk, dan “bio” yang berarti “hidup”. Demikian sebagaimana dilaporkan Naturalfactors. Dilansir dari Healthline, probiotik memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, termasuk mengurangi risiko infeksi, peningkatan pencernaan dan bahkan pengurangan risiko untuk beberapa penyakit kronis. Meskipun ada banyak manfaat kesehatan terkait dengan mengonsumsi probiotik, ada juga efek sampingnya. Sebagian besar di antaranya kecil dan hanya memengaruhi sebagian kecil populasi. Namun, beberapa orang dengan penyakit serius atau sistem kekebalan tubuh yang terganggu mungkin mengalami komplikasi yang lebih parah. Laman WebMd melaporkan, probiotik mungkin menurunkan jumlah bakteri “jahat” dalam usus Anda yang dapat menyebabkan penyakit atau peradangan. Mereka juga dapat mengganti kuman-kuman bermasalah itu dengan bakteri baik atau bermanfaat. Manfaat probiotik bagi kesehatan Para peneliti sedang mempelajari kapan dan bagaimana probiotik dapat membantu. Ada lebih banyak penelitian untuk beberapa penyakit daripada yang lain. Mereka mungkin membantu orang dengan: – Diare, terutama ketika dikaitkan dengan antibiotik tertentu. Probiotik juga dapat membantu diare menular, terutama pada anak-anak.
– Penyakit radang usus (IBD) termasuk penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Beberapa probiotik mungkin membuat kolitis ulserativa dalam remisi (keadaan sedikit atau tidak ada aktivitas penyakit) dan mencegah penyakit Crohn dari kekambuhan dan semakin buruk.
– Sindrom iritasi usus. Probiotik kadang-kadang dapat membantu meringankan gejala, termasuk sakit perut, kembung, gas, diare, dan sembelit. Selain itu, dikutip dari Havard Medical School, manfaat dari probiotik adalah untuk mengobati atau mencegah berbagai pernyakit sebagai berikut:
– Diare.
– Sindrom iritasi usus.
– Kolitis ulserativa.
– Penyakit Crohn.
– H. pylori (penyebab bisul).
– Infeksi vagina.
– Infeksi saluran kemih.
– Kambuhnya kanker kandung kemih.
– Infeksi pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh Clostridium difficile.
– Pouchitis (kemungkinan efek samping dari pembedahan yang mengangkat usus besar).
– Eksim pada anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  • Sign up
Change?
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.
0
X
Change