KODE ETIK MIM HERBA

 BAB 1 UMUM

Pasal 1

Latar Belakang Mim Herba,sadar akan pentingnya reputasi yang baik. Oleh karena itu, bertanggung jawab dan berkinerja tinggi dengan profesionalisme merupakan prioritas utama setiap pelaku bisnis yang terlibat dalam perusahaan Halal Konvensional, yang merupakan bisnis yang berbasis pada kepercayaan dan kejujuran. Prinsip bisnis perusahaan mewajibkan pelaku bisnis untuk melakukan tindakan yang bertanggung jawab dengan integritas tinggi dan mematuhi peraturan perundang-undangan, dan menghormati norma-norma universal yang dapat diterima. Agen Perusahaan, yang mempengaruhi reputasi perusahaan, harus dilengkapi dengan kode etik untuk menghindari benturan kepentingan, penyalahgunaan wewenang dan penyalahgunaan informasi. Kode etik ini dimaksudkan agar setiap Agen bertindak etis dan konsisten dengan integritas tinggi sesuai prinsip bisnis perusahaan dalam membangun kepercayaan masyarakat. Selain itu, kepatuhan agen terhadap syariah, peraturan perundang-undangan, dan penghargaan terhadap tradisi dan budaya Indonesia menunjukkan bahwa penjualan akurat, lengkap, tidak memihak, dan memenuhi standar etika. Dengan demikian, Peraturan Badan harus dipatuhi oleh setiap Agen dalam profesi mereka.

Pasal 2 Umum

Istilah yang digunakan dalam Pedoman Perilaku ini disebut sebagai:

Mim Herba adalah perusahaan yang bergerak di bidang bisnis perdagangan produk dimana sistem atau metode pemasarannya dilakukan melalui kegiatan penjualan langsung atau melalui pemasaran digital marketing  yang dikembangkan oleh mitra bisnis (Direct Selling/online) dengan konsep konvensional Halal.

AGEN adalah individu atau usaha bisnis atau organisasi yang telah terdaftar menjadi distributor Mim herba. 

AGEN AKTIF adalah agen yang terdaftar secara resmi di perusahaan dan dalam waktu 3 (bulan) bulan untuk melakukan sekurang-kurangnya 1 (satu) kali pembelian produk di agen saham resmi Mim Herba. 

PRODUK mengacu pada semua barang yang dipasarkan oleh perusahaan. 

HARGA KONSUMEN adalah harga produk Mim Herba untuk Agen non-Mim Herba yang ditetapkan oleh Perusahaan dan merupakan harga resmi dari produk yang dipublikasikan di semua media perusahaan. 

Harga AGEN adalah harga produk Mim Herba untuk Agen Mim Herba yang ditetapkan oleh Perusahaan dan merupakan harga resmi produk yang dipublikasikan di semua media perusahaan.  

BONUS adalah hadiah bagi hasil yang diberikan kepada Agen Mim Herba melalui pembelian pribadi atau target penjualan produk. 

AGEN STOCK adalah agen Mim Herba yang memenuhi persyaratan dan disetujui oleh perusahaan untuk melayani penjualan dengan mematuhi peraturan yang ditentukan oleh perusahaan.

PROMOSI adalah sistem perusahaan untuk merangsang pasar dan kinerja agen Mim Herba atas prestasi, yang abadi dan resmi ditunjuk oleh perusahaan.

MENTOR adalah jalur upline aktif langsung langsung dari satu agen Mim Herba.

PARTNERS adalah jalur downline langsung aktif dari satu Agen Mim Herba.

VENDOR adalah perusahaan supplier produk yang Mim Herba memiliki ikatan kerja sama dalam memasok produk Mim Herba.

Pasal 3 Tujuan

Kode etik dirancang dengan tujuan sebagai berikut:

          1. Sebagai pedoman dan panduan bagi agen dalam melaksanakan hak dan kewajibannya;
          2. Mengatur hubungan antara agen Mim Herba dan Mim Herba
          3. Mengatur hubungan antar agen;
          4. Melindungi dan mempertahankan kepentingan Agen Mim Herba dan Mim Herba ;
          5. Untuk mengatur hubungan antara agen dan konsumen.

BAB II MITRA (Drohsip,Reseller,Agen,Distributor)

Pasal 4 Menjadi MITRA (Drohsip,Reseller,Agen,Distributor)

Pemohon yang dapat menjadi agen adalah individu atau usaha bisnis atau organisasi. Pemohon dalam bentuk usaha usaha atau pemohon organisasi diatur sebagai berikut:

  1. Usaha atau organisasi bisnis harus diwakili oleh pemimpin / pimpinannya;
  2. Kode etik Mim Herba juga berlaku untuk usaha bisnis atau perwakilan organisasi.
  3. Pemohon harus disponsori oleh perorangan atau usaha bisnis atau oleh organisasi yang merupakan agen aktif Mim Herba.
  4. Pemohon harus benar dan benar mengisi formulir permohonan yang diberikan oleh petugas resmi Mim Herba.
  5. Dengan mengisi dan menandatangani formulir aplikasi agen resmi, calon agen telah setuju untuk mematuhi peraturan agen dan kemungkinan perubahan dari waktu ke waktu. Pemohon dianggap sebagai Agen yang sah setelah menerima Nomor Agen Mim Herba.

 Pasal 5 Pendaftaran MITRA (Drohsip,Reseller,Agen,Distributor)

  1. Pemohon (calon mitra) harus berusia 17 (tujuh belas) dan atau telah menikah dan memiliki kartu identitas nasional (KTP) pada saat permohonan diajukan kecuali pelajar bias menggunakan Kartu Pelajar.
  2. Pemohon akan diwajibkan pembelanjaan produk berdasarkan peraturan.
  3. Nama Mitra harus sesuai dengan nama pemegang rekening bank Mitra.
  4. Jika Mitra menggunakan rekening bank lain selain milik mereka sendiri, Mitra harus menyertakan surat pernyataan.
  5. Jika data rekening bank, alamat atau sponsor tidak lengkap, maka Perusahaan berhak menolak keanggotaan Mitra.
  6. Pendaftaran ulang Mitra aktif dilarang kecuali upgrade.

Pasal 6 Hak dan Kewajiban Agen Mim Herba

Mitra Mim Herba memiliki hak untuk:        

  1. Berpartisipasi dalam semua pelatihan yang diselenggarakan oleh Perusahaan dan sesuai dengan syarat dan ketentuan;
            Dapatkan harga dan kupon Agen khusus untuk setiap pembelian produk Mim Herba
  2. Mendapatkan bonus dan royalti sesuai dengan target pencapaian yang ditetapkan oleh perusahaan
  3. Dapatkan promosi sesuai ketentuan perusahaan.

Mitra Mim Herba diwajibkan untuk:
a. Menjaga reputasi baik perusahaan;
        b. Taatilah Kode Etik Mim herba
        c. Ikuti Sistem Pendukung Mim Herba
        d. Pegang nilai akhlakul karimah.

Pasal 7 Posisi Mitra di Perusahaan

Posisi (Drohsip,Reseller,Agen,Distributor) di perusahaan ini adalah mitra bisnis independen dengan Mim Herba.

  1. Seorang MItra tidak memiliki hubungan kerja dengan Mim Herba.
  2. Mitra tidak dapat menawarkan pekerjaan ke pihak lain atas nama Mim Herba.
  3. Mitra tidak berwenang untuk melakukan tindakan hukum ke pihak lain atas nama Mim Herba
  4. Mitra Mim herba dilarang menggunakan logo dan nama Mim Herba secara tertulis atau media apapun tanpa izin tertulis dari Pengelolaan Mim Herba
  5. Mitra Mim Herba hanya dapat membeli produk Mim Herba dari Stock Agent atau mimherba.id Business Center.
  6. Mitra Mim Herba dilarang keras untuk memiliki hubungan bisnis atau pekerjaan, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan Vendor atau Pabrik Produk Mim Herba.

Pasal 8 Warisan Badan

  1. Jika seorang agen meninggal dunia, status agen akan otomatis diserahkan ke ahli warisnya. Dalam kasus ahli waris yang berhak, ia akan mengikuti hukum pewarisan dalam Syariah Islam. Bukti administratif kematian agen Mim Herba ditandai dengan sertifikat kematian dan daftar ahli waris harus mendapat persetujuan dari Mim Herba Management Mim Herba. Dalam hal ini, Mim Herba akan melakukan segala kemungkinan, sehingga semua ahli waris memiliki hak dan porsi sesuai peraturan. Status nomor ID dan nama agen Mim Herba yang meninggal tetap berlaku, dengan penambahan ALMARHUM (ALM) atau ALMARHUMAH (LMH) di belakang almarhum.
  2. Jika ada perselisihan dengan pihak lain terkait warisan agen, maka Mim Herba akan mengikuti keputusan final pengadilan. Selama proses penyelesaian sengketa, Mim Herba dapat mengambil alih badan sementara sampai ada keputusan hukum tetap.
  3. Jika ahli waris atau penerima manfaat juga meninggal dunia, Mim Herba akan menunjuk seorang anggota dari keluarga terdekat agen almarhum sesuai dengan hukum di Indonesia atau berdasarkan konsensus ahli waris, dan akan dilakukan di hadapan notaris.

Pasal 9 Harga Produk, Titik, dan Promosi

    Harga dan kupon produk diputuskan oleh manajemen Mim Herba. Pembelian dilakukan secara tunai di kantor pusat Mim Herba, Mim Herba Business Center, dan atau Stock Agent.
    Agen Mim Herba berhak membeli produk Mim Herba dengan harga agen dan mendapatkan kupon.
    Setiap agen, agen stok, dan pusat bisnis Mim Herba harus menggunakan harga produk dan titik yang ditentukan oleh perusahaan tanpa menambahkan atau mengurangi barang pada saat membeli produk penjualan.
    Kecuali konsumen yang mengajukan permohonan sebagai agen Mim Herba baru juga, maka tidak diperbolehkan menjual produk tersebut kepada konsumen agen non-agen dengan harga agen.
    Manajemen Mim Herba memiliki hak penuh atas Promosi Pemasaran. Dengan demikian, agen Mim Herba tidak diperbolehkan melakukan promosi besar-besaran tanpa persetujuan Manajemen Mim Herba.
    Setiap agen, agen stok, dan pusat bisnis Mim Herba tidak diperbolehkan melakukan promosi yang mengubah harga dan harga produk, kecuali untuk promosi telah ditetapkan oleh manajemen Mim Herba.
    Setiap agen, agen stok, dan pusat bisnis Mim Herba tidak diizinkan untuk menjual atau membeli barang tanpa produk dalam bentuk dan cara apapun.

BAB V PELANGGARAN DAN HUKUM

Pasal 10 Pelanggaran

    Pelanggaran serius adalah jika memenuhi satu atau sebagian atau keseluruhan kategori pelanggaran sebagai berikut:
        Agen atau agen saham yang melakukan tindakan melanggar hukum terhadap Agama dan Negara yang merugikan perusahaan;
        Agen yang melakukan tindakan yang mempengaruhi, memprovokasi dan mendorong agen lain untuk bergabung dalam bisnis pemasaran jaringan lainnya;
        Agen yang melakukan tindakan yang merugikan pihak lain atas nama perusahaan;
        Agen yang membuat kesepakatan dengan pihak mitra Mim Herba seperti vendor, ekspedisi, dan pihak lain yang dapat atau berpotensi merugikan perusahaan;
        Agen yang berkonspirasi untuk melakukan pelanggaran kode etik sebagai menjual produk dengan harga yang tidak masuk akal di bawah harga resmi, menimbun produk dan mendaftarkan keanggotaan fiktif;
        Melakukan pelanggaran berulang yang mengurangi sebagian atau seluruh hak Agen, dan atau tidak melakukan kewajiban sebagai agen Mim Herba yang berdampak pada hilangnya orang lain, dan pelaku yang sebelumnya telah menerima Surat Peringatan 2 (SP-2) untuk kasus yang sama.
    Pelanggaran Moderat adalah jika memenuhi satu atau sebagian atau keseluruhan kategori pelanggaran sebagai berikut:
        Setiap Agen yang melakukan pelanggaran kode etik sebagai menjual produk dengan harga yang tidak masuk akal di bawah harga resmi, menimbun produk dan mendaftarkan keanggotaan fiktif;
        Setiap Agen yang melakukan tindakan promosi perusahaan yang berlebihan yang keluar dari norma Syariah;
        Menyatakan dirinya sebagai pegawai atau bagian dari organisasi perusahaan tanpa persetujuan dari perusahaan;
        Bertindak atas nama perusahaan dalam suatu acara, pembuatan kesepakatan, wawancara dan atau promosi dalam bentuk apapun yang tidak mendapat izin tertulis dari perusahaan;
        Melakukan pelanggaran berulang yang mengurangi sebagian atau seluruh hak Agen, dan atau tidak melakukan kewajiban sebagai agen Mim Herba yang berdampak pada hilangnya orang lain, dan pelaku yang sebelumnya telah menerima Surat Peringatan 1 (SP-1) untuk kasus yang sama.
    Pelanggaran ringan dilakukan tindakan pelanggaran yang mengurangi sebagian atau seluruh hak agen lainnya, dan atau tidak melakukan kewajiban sebagai agen Mim Herba yang berdampak pada kerugian pihak lain, dan pelaku sebelumnya telah menerima PERANGKAT VERBAL yang dicatat oleh KODE untuk kasus yang sama.

Pasal 11 Sanksi

    Atas dasar keputusan KODE, perusahaan berhak penuh memberikan sanksi.
    Sanksi diberikan setelah KODE melakukan proses penyidikan, meminta informasi dan penjelasan dari para pihak dan saksi, dan pelanggaran terbukti secara sah dan meyakinkan.
    Sanksi yang diberikan tergantung pada berat dan dampak pelanggaran yang dijelaskan sebagai berikut:
        PERINGATAN VERBAL yang tercatat dalam administrasi KODE mungkin dikeluarkan bersamaan dengan sanksi disipliner dari KODE.
        1st WARNING LETTER (SP-1) mungkin dikeluarkan bersamaan dengan sanksi disipliner dari KODE.
        2nd WARNING LETTER (SP-2) mungkin dikeluarkan bersamaan dengan sanksi disiplin dari KODE.
        Surat Pencabutan Badan HPAI.
        Peringatan lisan, surat peringatan pertama, dan surat peringatan ke 2 bukan merupakan sanksi. Dengan demikian, jika diperlukan KODE berhak untuk segera memberikan sanksi atas pelanggaran berat tersebut.
    KODE dapat mengeluarkan peringatan lisan atau surat peringatan untuk tindakan yang termasuk dalam kategori pelanggaran ringan.
    Setiap agen dan agen stok yang melanggar kode etik akan diberi sanksi sebagai berikut:
        Agen tidak akan mendapatkan bonus;
        Perusahaan berhak mencabut status penghargaan yang telah atau akan diberikan;
        Perusahaan berhak mencabut agensinya setiap saat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu; dan
        Setiap agen yang keanggotaannya telah dicabut tidak akan diberi kompensasi dalam bentukapapun.

BAB VI PENUTUP

Pasal 12

    Perusahaan berhak untuk mengubah atau memperbarui Regulatory Agency bila diperlukan tanpa   persetujuan Agen dan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Agen.
    Semua ketentuan yang ditetapkan dalam Regulasi adalah kesepakatan mutlak antara Para Pihak.
    Kode etik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Formulir Pendaftaran Agen Mim Herba.